RPP
Pembelajaran Tematik KTSP Kelas III Semester Ganjil 
Disusun Oleh: 
1)     
Bukhori
Pakkiya       (17251430    )
2)     
Dewi
Wijayanti          (17251430    )
3)     
Erna
Lufiana             (1725143084)              
Nama sekolah: SDI
Miftahul Huda
Tema:  Cita-citaku
Subtema: Seniman
Kelas/ semester: III/ ganjil
Alokasi waktu: 
A.   
Standar Kompetensi
I.                  
Bahasa Indonesia
4. Siswa mampu mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
II.               
Seni Budaya dan Keterampilan
2. Mengapresiasikan diri melalui karya seni rupa
III.
      IPA
2.
Memahami kondisi lingkungan yang 
berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
IV.
       IPS 
1.  
Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
B.     Kompetensi
Dasar
                              
I.           
Bahasa Indonesia: 
 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang
tersedia dengan memperhatikan penyusunan ejaan.
4.2  Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
                           
II.           
Seni Budaya dan Keterampilan
2.1  Mengekspresikan
diri mengenai gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
2.2  Mengekspresikan
diri melalui gambar dekoratif dan motif hias daerah setempat
                        
III.           
IPA
2.1 membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
                        
IV.           
IPS
1.1 Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
1.3 membuat denah dan
peta lingkungan rumah dan sekolah.
C.     Indikator
I.                  
Bahasa Indonesia
4.1.1 Siswa mampu
menjelaskan pengertian paragraph
4.1.2
Siswa mampu menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan ejaan.
4.2.1 Siswa mampu
menguraikan pengertian puisi.
4.2.2 Siswa mampu
melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
4.2.3 Siswa mampu
mendemonstrasikan puisi anak di depan kelas.
II.               
Seni Budaya dan Keterampilan
2.1.1  
Siswa mampu mendesain gambar imajinatif
mengenai diri sendiri
2.2.1  
Siswa mampu mendesain gambar dekoratif
dari motif hias daerah setempat.
2.2.2  
Siswa mampu menjelaskan makna gambar
dekoratif dari motif hias daerah setempat.
III.            
IPA
2.1.1  Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri lingkungan
sehat dengan benar.
2.1.2
Siswa mampu membandingkan ciri-ciri lingkungan sehat berdasarkan gambar dengan
benar
2.1.3 Siswa mampu
menjelaskan ciri-ciri lingkungan tak sehat dengan benar.
2.1.4 Siswa mampu  membandingkan ciri-ciri lingkungan tidak
sehat berdasarkan gambar dengan benar.
IV.            
IPS
1.1.1  
Siswa mampu menjelaskan pengertian
lingkungan alam dan buatan.
1.1.2  
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri
lingkungan alam dan buatan.
1.1.3  
Siswa mampu memberikan contoh tentang
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
1.3.1  Siswa mampu menjelaskan pengertian denah dan
peta.
1.3.2  Siswa mampu membuat denah dan peta lingkungan
rumah dan sekolah.
D.    Tujuan
Pembelajaran
                    
I.           
Bahasa Indonesia:
·     
Siswa mampu menjelaskan pengertian
paragraf yang dibacakan oleh guru didepan kelas dengan benar.
·     
Siswa mampu menyusun paragraph
berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan ejaan dengan tepat.
·     
Siswa mampu menguraikan pengertian puisi
yang telah dijelaskan dengan baik.
·     
Siswa mampu melengkapi puisi anak
berdasarkan gambar yang telah tersedia dengan tepat.
·     
Siswa mampu mendemonstrasikan puisi anak
di depan kelas dengan intonasi yang tepat.
                 
II.           
Seni Budaya dan keterampilan
·     
Siswa mampu mendesain gambar imajinatif
mengenai diri sendiri.
·     
Siswa mampu mendesain gambar dekoratif
dari motif hias daerah setempat
·     
Siswa mampu menjelaskan makna gambar
dekoratif dari motif hias daerah setempat.
              
III.           
IPA
·     
Siswa mampu menjelaskan lingkungan yang
sehat di masyarakat dengan banar.
·     
Siswa mampu membandingkan ciri-ciri
lingkungan sehat dengan lingkungan tak sehat berdasarkan gambar dengan benar.
              
IV.           
IPS
·      
Siswa mampu menjelaskan pengertian
lingkunga alam dan ligkungan buatan di daerah sekitar dengan benar.
·      
Siswa mampu mengidentifikasikan
ciri-ciri lingkungan alam dan lingkungan buatan yang ada di daerah sekitar
dengan benar.
·      
Siswa mampu memberikan contoh tentang
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah dengan benar.
·      
Siswa mampu menjelaskan pengertian denah
di depan kelas dan peta secara benar.
·      
Siswa mampu membuat denah dan peta di
lingkungan sekolah dan rumah dengan tepat.
E.     Materi
I.             
B. Indonesia
Menyusun paragraph dan
puisi
II.          
Seni Budaya
Gambar dekoratif dan
gambar imajinatif
III.       
IPA
Lingkungan sehat dan
lingkungan tak sehat
IV.       
IPS
Lingkungan alam dan
buatan, denah dan peta
F.      Metode
Pembelajaran
1.     
Informasi
2.     
Diskusi
3.     
Tanya jawab
4.     
Demonstrasi
5.     
Pemberian tugas
6.     
Games dan permainan.
G.    Kegiatan
Pebelajaran
Kegiatan
Awal
1.     
Apresepsi:
 Guru memberikan apersepsi dengan memberikan
tanya jawab sesuai dengan materi
-  Pernakah kalian mendengar profesi seniman ?
-  Siapakah seniman itu?
-  Apa saja tugas seniman?
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.     
  Kegiatan Inti
Ø 
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
-         
Guru menyajikan alat peraga berupa
gambar macam-macam seniman seperti pelukis, penari, sastrawan, penulis dan
sebagainya.
-         
Siswa diberi tugas untuk mengarang paragraf
tentang salah satu dari gambar yang telah disajikan.
-         
Bermain puisi bersambung dengan tema
seniman berdasarkan gambar yang ditunjukkan kepada siswa.
Seni Budaya dan Keterampilan
-         
Guru menjelaskan berbagai macam motif
batik daerah setempat.
-         
Siswa berperan menjadi seorang pelukis professional.
-         
Siswa mengambar imajinatif diri sendiri.
-         
Dengan berkelompok siswa mendesain
gambar sebuah dekoratif.  
IPA    
-         
Melalui bantuan LCD proyektor guru
menyajikan gambar- gambar lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
IPS
      
-         
Guru menjelaskan lingkungan alam buatan beserta
macam-macamnya.
-         
Guru menunjukkan denah sekolah dan peta
Indonesia  serta menjelaskan unsur-unsur
denah   
dan peta.                                                                   
Ø 
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-         
Membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
-         
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
-         
Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-         
Memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-         
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-         
Memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
Ø 
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
-
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan  dan penyimpulan
3.     
 Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
-         
Guru mengajukan pertanyaan sekitar
materi yang diajarkan       
-         
Siswa mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan guru
-         
Guru memeriksa dan membahas pekerjaan
siswa
-         
Guru menyimpulkan materi yang diajarkan
H.    Alat
dan Sumber Belajar
1.     
Sumber belajar
Buku Bahasa Indonesia,
Seni Budaya, IPA, dan IPS.
2.     
Alat
LCD/ Proyektor, Gambar macam-macam
seniman, buku gambar, pensil warna/ crayon, kertas manila. Gambar denah
sekolah.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar